Perancangan UI/UX pada Aplikasi Pembelajaran Online Deagle Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Agustina Churil Aeni Universitas Amikom Purwokerto
  • Fandy Setyo Utomo Universitas Amikom Purwokerto
Abstract View: 0,

Keywords:

Design Thinking, Aplikasi, UI/UX

Abstract

Untuk mengatasi keterbatasan pemahaman teknologi digital di kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia, terutama dalam konteks pembelajaran online, maka dari itu peneliti merancang UI/UX aplikasi bernama Deagle E-Learning App. Tujuan dari aplikasi ini adalah meningkatkan literasi digital dengan menyediakan pengalaman
belajar yang efektif dan menarik. Dalam pengembangan aplikasi ini, peneliti menggunakan Metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Metode ini dipilih karena berfokus pada pengguna dan kebutuhan mereka, mengidentifikasi kebutuhan secara terfokus, menghasilkan ide- ide untuk memecahkan masalah, dan mengimplementasikannya melalui pembuatan prototype. Dengan demikian, desain antarmuka (UI/UX) yang peneliti buat akan lebih relevan, fungsional, dan memenuhi kebutuhan pengguna. Selama proses pengembangan, peneliti juga mengatasi beberapa masalah yang perlu diatasi, seperti ketidakpuasan pengguna terhadap antarmuka, tingkat kemudahan penggunaan fitur- fitur, kesulitan operasional platform, dan kurangnya motivasi untuk belajar.

Published

2024-04-24

How to Cite

Churil Aeni, A., & Setyo Utomo, F. (2024). Perancangan UI/UX pada Aplikasi Pembelajaran Online Deagle Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Informatics and Interactive Technology, 1(1), 46–55. Retrieved from https://acsit.org/index.php/jiite/article/view/21

Issue

Section

Articles